CONTOH FORMAT ASKEP KELUARGA
A. Pengkajian
I. Data Umum
1. Nama kk : Bapak KR (70 Th)
2. Alamat : Rowoasri , RT 2 , RW 7 , Rowokangkung , Lumajang
3. Pekerjaan kk : Tani
4. Pendidikan kk : SD
5. Komposisi Keluarga
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama 
 | 
  
   
Jk 
 | 
  
   
Hub dg KK 
 | 
  
   
Umur 
 | 
  
   
Pendidikan 
 | 
  
   
Pekerjaan 
 | 
  
   
Status kes 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Ny. Ab 
 | 
  
   
P 
 | 
  
   
Istri ke 3 
 | 
  
   
36 
 | 
  
   
Smp 
 | 
  
   
Ibu RT 
 | 
  
   
Sehat 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Ac 
 | 
  
   
L 
 | 
  
   
Anak 
 | 
  
   
17 
 | 
  
   
Smp 
 | 
  
   
Masih
  sekolah 
 | 
  
   
Sehat 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Har 
 | 
  
   
P 
 | 
  
   
Anak 
 | 
  
   
11 
 | 
  
   
Sd 
 | 
  
   
Masih
  sekolah 
 | 
  
   
Sehat 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Za 
 | 
  
   
L 
 | 
  
   
Anak 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
Belum
  sekolah 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
Sehat 
Immunisasi 
Lengkap + 
 | 
 
6. Type keluarga :
keluarga inti
7. Suku : jawa
8. Agama : islam
9. Status social : Rp.
500.000,- per bulan . menurut keluaarga tidak cukup
10. Rekreasi :
menonton televisi, silaturohmi keluarga, kadang rekreasi ditempat terbuka
II. Riwayat Tahap
Perkembangan
1. Tahap
perkemb.klg : keluarga dg anak usia remaja
2. Tahap klg yang belum
terpenuhi : tidak ada ug belum terpenuhi, namun tugas klg yg belum dapat
dicapai saat ini adalah memberi figur yg baik bagi anakl remaja.
3. Riwayat kesehatan
keluarga : tdk ada peny keturunan, P. KR terkena bronkhitis kronik, sering kumat berobat ke
dokter swasta, bu KR sehat,
pak KR perokok, 1-2 batang perhari, anak tertua perokok juga.
4. Riwayat kesehatan klg
sebelumnya : 2 tahun sudah didiagnosis Bronkhitis kronik.
III. Keadaan
Lingkungan
1. Karakterisitik rumah :
Luas rumah lebar 4 M ,
panjang 12 M , terdiri 2 kamar tidur, 1 musholla, 1 km mandi dan wc ( tidak adaSeptik Thank) , ruang
tamu, dan dapurnya memanfaatkan pojok
Dari lorong,
- Type bangunan : lantai dari plester
- Ventilasi : sinar matahari kurang masuk,
jendela hanya 1 (0,75 x 1,2 M)
Jendela kamar tak ada karena mepet dg tetangga
- Kebersihan ruang : banyak barang numpuk tak teratur
, masak dg kayu bakar
- Sumber air : dari PAM
- Denah rumah
| 
   
Dapur 
 | 
  
   
Ruang tamu 
 | 
 ||||||
2. Karakteristik komunitas
Tetangga membantu berobat ke dokter praktik
Tengga dan sekitarnya peduli pada kesehatan pak KR
3. Interaksi dengan komunitas
Pengajian aktif, aktif kuimpul di masyarakat
4. Sistem pendukung keluarga
Yg merawat pak KR hanya istrinya saja, biaya minim, jarak rumah dengan
puskesmas 500 meter, oleh karena sekarang lebih banyak berobat ke tabib
IV. Struktur
Keluarga
1. Pola Komunikasi Keluarga
Musyawaroh, tapi kadang pak KR suka marah pada anaknya jika tidak patuh
2. Struktur Peran
Pak KR merasa tetap sebagai kepala keluarga dan ber TJ, meskipun sekarang
sakit , bu KR menjual kerupuk untuk menopang kekurangan kebutuhan 15 .000/
perhari.
3. Norma Keluarga
Menyesuaikan dengan nilai agama yg dianut dan norma yg ada, percaya penyakitnya
bisa di obati, dan penyakitnya tidak ada hubunganny dengan guna-guna.
V. Fungsi
Keluarga
1. Fungsi Afektif
Pak Kr sering menegur anaknya jika diperingatklan ibunya tidak mau, saling
menghormati antar anggota keluarga,
2. Fungsi Sosial
Keluarga mengajarkan agar berperilaku yang baik dengan tetannggga dan lingkungan sekitar , hidup berdampingan dan merasa tentram.
3. Fungsi Keperawatan Kesehatan
Jika sakit mencari bantuan ke pelayanan kesehatan terdekat, yang
merawat pak KR saat ini bu KR, pemanfaatan yankes masih kurang karena pak
KR tidak memiliki penghasilan tetap.
4. Fungsi Reproduksi
Tidak ingin punya anak lagi, tidak ikut KB, hubungan suami istri masih,
tetapi jarang sekali.
5. Fungsi Ekonomi
Penghasilannya tak menentu apalagi pak KR yang sakit, saat ini keluarga
dicukupi dari penghasilan yang lain.
VI. Stress Dan
Koping Keluarga
1. Stressor yang dimiliki
Sejak 6bulan yg lalu, sakit bronkhitisnya kumat, dan tidak dapat bekerja
lagi, anak-anaknya butuh biaya u/ sekolah
2. Kemampuan keluarga Berespon thd stressor
Pasrah padak ondisiny sekarang, dianggap sebagai cobaaan dan berharap
anak tertuanya bekerja lebih giat u/kebut. Keluarga
3. Strategi Koping yang dilakukan
Keluarga menerima ini apa adanya dan selalu melibatkan anak teruanya u/
pengambilan kepeutusan
4. Strategi adaptasi yang disfungsi
Sering marah pada anak tertuanya jika merokok terus dan dianjurkan mencari
alternatif pengobatan lain.
VII. Pemeriksaan
fisik
Sasaran terutama pada yang mempunyai maslah kesehatan (sakit) dengan metode Head to toe
VIII. Harapan
Keluarga
Berharapmendapat bantuan seperti yang dikatakan oleh tetangganya , yaitu
kartu sehat sehingga dapat berobat secara rutin di Puskesmas.
B. Diagnosis
Keperawatan Keluarga
1. Analisa Data
| 
   
Data
  (sign- symptom) 
 | 
  
   
Masalah
  (P) 
 | 
  
   
Penyebab
  (E) 
 | 
 
| 
   
Data
  subyek 
- pak KR
  terkena Bronkhitis kronik sejak 2 tahun 
- sejak 6
  bulan kumat shg di rumah saja 
Data
  obyektif 
- lingkungan
  rumah kurang sehat : barang bertumpuk-tumpuk ,kotor , ventilasi kurang dll 
- Hasilpmx
  fisik : ………………….. 
 | 
  
   
Resiko
  serangan berulang pada 
P. KR 
 | 
  
   
Lingk. Yg
  tidak adekuat 
5 tugas 
 | 
 
2. Rumusan
Diagnosis Keperawatan
Resiko tinggi serangan berulang yang dialami oleh pak KR b/d ketidakmampuan
keluarga memodifikasi lingkungan atau (eteologi yang lain) ketidakmampuan keluarga merawat pakKR yang sedang
saklit.
P (NANDA) yang b/d E (ketidak mampuan keluarga – sesuai 5 TUGAS
KELUARGA) , sign /symptom takperlu ditulis lagi.
| 
   
NO 
 | 
  
   
KRITERIA 
 | 
  
   
SKOR 
 | 
  
   
BOBOT 
 | 
  
   
JUML 
 | 
 
| 
   
1 
2 
3 
4 
 | 
  
   
SIFAT
  MASALAH 
SKALA : 
- TIDAK/KURANG SEHAT 
- ANCAMAN 
- KEADAAN SEJAHTERA 
KEMUNGK.
  MAS DAPAT DIUBAH : 
- MUDAH 
- SEBAGIAN 
- TIDAK DAPAT 
POTENSI
  MAS. U/ DICEGAH 
- TINGGI 
- CUKUP 
- RENDAH 
MENONJOLNYA
  MASALAH 
- BERAT, SEGERA 
- ADA MASALAH TAPI TAK perlu SEGERA
  ditangani 
- MASALAH TAK DIRASAKAN 
 | 
  
   
3 
2 
1 
2 
1 
0 
3 
2 
1 
2 
1 
0 
 | 
  
   
1 
2 
1 
1 
 | 
  
   
? 
? 
? 
? 
 | 
 
PENENTUAN PRIORITAS SESUAI DENGAN SKALA :
A. 
KRITERIA PERTAMA
Prioritas Utama pada : tidak/ kurang sehat karena perlu tindakan segera
B.  
KRITERIA KEDUA
Mengacu pada :
- Pengetahuan dan Tekhnologi u/ mengatasi masalah keluarga
- Sumber Daya Keluarga Fisik :
keuangan, tenaga
- Sumber Daya Perawat : KAP (Pengetahuan, Afektif dan Psikomotor)
-  Sumber Daya Lingkungan: fasilitas, organisasi, dan dukungan
C.    
KRITERIA KETIGA
- Kepelikan  Masalah
- Lamanya Masalah
- Tindakan yang sedang dijalankan
- Kelompok yang beresiko u/
dicegah agar tidak aktual dan parah
D.   
KRITERIA KEEMPAT
Persepsi keluarga terhadap masalahnya
3. Skoring penentuan prioritas DX keperawatan keluarga
Contoh : RESIKO JATUH LANSIA DI KLG BAPAK Rr BD.
KETIDAKMAMPUAN MENYEDIAKAN LINGKUNGAN AMAN.
| 
   
No dx 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
  
   
Pembenaran 
 | 
 
4. Prioritas dx Keperawatan
| 
   
Prioritas 
 | 
  
   
Dx kep 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
RESIKO JATUH LANSIA DI KLG BAPAK Rr BD. KETIDAKMAMPUAN MENYEDIAKAN
  LINGK. AMAN 
 | 
  
   
3 1/3 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
2 ½ 
 | 
 |
| 
   
3 dst 
 | 
  
   
2 , DST 
 | 
C. Rencana Asuhan Keperawatan
Keluarga
Nama KK : KR
Alamat : kd. Jajang
| 
   
NO DX 
 | 
  
   
TUJUAN 
 | 
  
   
KRITERIA 
 | 
  
   
STANDAR 
 | 
  
   
INTERVENSI 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Setelah
  dilakukan tindkep. Tidak tjd resiko serangan berulang pada pak KR selama di
  rumah 
(boleh
  jangka pendek dan jk panjang ) 
 | 
  
   
KAP 
Pengetahuan 
Sikap 
Psikomotor 
 | 
  
   
Penget : 
keluarga
  dapat menyebutkan ….. 
sikap : 
klg mampu
  memutuskan u/menyediakan sarana yg aman … 
psikomotor : 
keluarga
  memodifikasi lingkungan sehat 
 | 
  
Rencana tindakan (intervensi):
1. Mendiskusikan ……..
2. Menjelaskan ………
3. Mengajarkan ……
4. Bersama keluarga ………
5. Dll.
D. Implementasi dan
Evaluasi
Implementasi
| 
   
Tanggal
  dan waktu 
 | 
  
   
No dx 
 | 
  
   
Implementasi 
 | 
 
| 
   
1 januari
  2006 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
………….. 
 | 
 
Rencana kegiatan pada askep keluarga yang berhub dg penkes memerlukan SAP
Format evaluasi formatif
| 
   
Tanggal
  dan waktu 
 | 
  
   
No dx 
 | 
  
   
Evaluasi 
 | 
 
| 
   
1 januari
  2006 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
S. klg
  mengatakkan bahwa masih kurang
  mengerti tentang ……. 
O. klg
  dapat menjawab pertanyaan ……,belum bisamenjawab pertanyaan tentang …….. 
A. implementasi
  yg dilaks.dg metode cermah belum dimengerti oleh klg , perlu metode lain…. 
P. berikan
  pendidikan ulang , dgn metode
  lain…. 
 | 
 
Format evaluasi sumatif
| 
   
Tanggal
  dan waktu 
 | 
  
   
No dx 
 | 
  
   
Evaluasi 
 | 
 
| 
   
1 januari
  2006 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
S. klg
  mengatakkan bahwa masih kurang
  mengerti tentang ……. 
O. klg
  dapat menjawab pertanyaan ……,belum bisa menjawab pertanyaan
  tentang …….. 
A. masalah
  belum teratasi 
P. lanjutkan
  intervensi ,perlu bantuan LSM yang peduli akan kesehatan 
 | 
 
No comments:
Post a Comment