Wednesday, March 27, 2013

Ramuan Obat Kuno


RAMUAN OBAT KUNO

1. CARA OBATI BATUK

Lobak ungu 2 batang diparut, setelah itu diperas pakai kain. Ambil air perasan tadi dan campurkan sedikit garam lalu aduklah seperti ramuan.
Minumlah 2 kali sehari pagi dan sore, sekali minum hanya ¼ cangkir saja.
Jika anda rutin meminumnya, maka dalam seminggu batuk anda akan sembuh.

2. CARA LENYAPKAN PANU

Ambillah satu suing bawang putih berukuran cukup besar. Potong jadi 2 bagian… gosokkan pada bagian yang ada panunya, maka panu akan kering dan mengelupas. Hal ini jauh lebih efisien dibanding dengan memakai serisil.
Lakukan dengan rajin… pagi siang dan malam.

3. JIKA PENCERNAAN TERGANGGU

Ambillah 5 helai daun delima, iris- iris halus daun delima tersebut, lalu masukkan dalam cangkir dan seduklah dengan air panas. Biarkan selama 5 menit, minumlah air tersebut selagi hangat. Dalam waktu 5 hari maka pencernaan akan kembali normal.
Minumlah ramuan ini 5 hari berturut- turut setiap pagi dan jangan sekali- kali meminum kopi.

4. OBAT SAKIT GIGI

Bahan:
Satu tetes getah kamboja/ semboja atau
Satu tetes getah jarak pagar atau
Satu tetes minyak cengkeh atau 
Satu tetes minyak bakaran tempurung kelapa atau
Sepuluh lembar daun sirih
Masukan dalam gelas dan tuangkan air panas, tutup rapat- rapat, tunggu supaya jadi hangat lalu dipakai berkumur.

5. OBAT JERAWAT

Ambillah 1 butir putih telur dan havermouth secukupnya, campurkan kedua bahan tersebut hingga jadi adonan kental tapi tidak terlalu keras. Oleskan ke muka secara merata dan pijit- pijitlah supaya meresap masuk ke dalam kulit selama ¼ jam. Lalu bersihkan dengan air hangat.
Dengan menggunakan adonan ini kita dapat membersihkan dan mengangkat jerawat dari muka. Gunakan resep ini sesering mungkin untuk usaha pencegahan sekaligus penyembuhan.

6. CARA MENGENCANGKAN KULIT MUKA

Beberapa sendok teh ragi bir diberi air sedikit, sampai menjadi krim yang cukup kental. Pakailah krim ragi tersebut untuk masker, tapi jangan lupa sebelumnya bersihkan wajah dulu sampai benar- benar bersih.
Dalam beberapa menit masker ragi akan mengeras karena kering, segera terbukti hasilnya. Semakin mengencang krim itu, makin terasa memijir- mijir dibagian muka. Muka terasa hangat dan kulit seolah- olah menggelenjar. Setelah ½ jam boleh dibersihkan dengan air hangat baru disusul dengan air es.
Yang harus diperhatikan, jangan sekali- kali memakai ragi untuk pembuat roti. Ini tidak dibenarkan. Gunakan ragi bahan pembuat tape atau bir.

7. DAUN SLEDRI ATASI KULIT BERMINYAK

Daun sledri dicuci lalu dimasukkan dalam mangkok kecil dan dituangi air mendidih. Biarkan ¼ jam, maka akan tercium harum sledri dan dipakai untuk pembilas muka anda.
Cara pakai:
Keluarkan daun sledri, air seduhan dalam mangkok disimpan dalam lemari es, dan malam hari setelah anda mencuci kulit muka hingga bersih, olesi dengan merata seluruh muka dengan air sledri itu dan biarkan sampai kering baru dicuci lagi dengan air bersih.

8. RESEP ATASI KEJANG OTOT KAKI

Ambillah segenggam nasi, kemudian diseduh dengan air panas. Dan diremas- remas sampai lumat. Campurkan satu sendok makan garam, lalu aduk hingga rata.
Tempelkan adonan tadi pada bagian kaki yang sakit dan kejang! Maka kejang otot kaki akan langsung sembuh.

9. RESEP SAKIT PINGGANG

Ambillah 10 lembar daun alpukat yang tidak terlalu tua tapi jangan terlalu muda. Godoklah dengan air dua gelas dan biarkan sampai air tinggal setengah gelas, baru diangkat dari api. Minumlah air godokan itu tiap 10 hari, penyakit pinggang akan sembuh dan tidak kambuh lagi.

10. RESEP BATUK REJAN

Ambil 8 atau 10 helai daun sirih segar yang cukup besar dan lebar daunnya, bersihkan benar- benar. Kemudian masukkan ke dalam air bersih sebanyak 2 gelas belimbing. Masukkan juga 2 sendok makan gula batu. Rebuslah di atas api, biarkan mendidih,sampai air godokan tinggal ½ gelas, baru diangkat. Air godokan itu berikan pada penderita batuk rejan sedikit demi sedikit, maka dalam waktu kurang dari seminggu batuk akan lenyap.

11. MENYEMBUHKAN SAKIT KENCING BATU

Ambil sebutir buah kelapa hijau. Kemudian ambil sebutir telur ayam kampong. Lubangilah atas buah kelapa tersebut, seperti biasa jika kita ingin minum air kelapa ditempat penjualan kelapa muda. Telur ayam dikocok, kemudian lubangi kulit telur ayam, masukkan isi telur ayam ke dalam lubang kelapa itu, biar bercampur dengan air kelapa.
Aduklah dengan sedotan, lalu langsung minumlah tanpa menggunakan gelas.
Mereka yang menderita kencing batu atau yang sudah ada serbuk- serbuk halus pada air seninya, bias meminumnya sebanyak 20 kali dan diminum tiap sore hari. Pasti batunya akan hancur.
Sedang bagi mereka yang baru gejala cukup meminumnya 5 kali selama 5 hari.

12. RESEP UNTUK DIARE

Ambillah sebuah papaya, belah dua dan ambil biji- bijinya. Letakan dalam wadah lalu jemurlah di bawah terik matahari hingga benar- benar kering. Lalu simpanlah dengan baik- baik dalam toples.
Nah, jika anda atau keluarga anda menderita diare, cepat- cepatlah mengambil 10 butir. Namun biasanya baru dua atau tiga kali kita mengunyah, diare kita sudah sembuh.

13. CARA MEMPERINDAH TANGAN

Parutlah kentang dan usapkanlah perlahan- lahan atau gosokkan ke seluruh tangan. Parutan kentang itu mengandung vitamin yang tinggi untuk kulit dan sekaligus dapat menghaluskan kulit tangan.
Cara lainnya yaitu dengan membuat campuran bahan putih telur ayam dengan sesendok glycerin lalu oleskan ke seluruh tangan. Kalau sudah kering, segera cucilah.
Anda juga dapat memakai timun dan air jeruk yang dioleskan keseluruh tangan.
Lalukan salah satu resep di atas sesering mungkin, maka tangan anda akan indah.

14. UNTUK MEMPERINDAH RAMBUT

Rambut anda akan lemas dan berkilau bak sutra jika anda sering keramas dengan ramuan berikut:
Jika kita keramas memakai shampo campurlah dengan kuning telur dan minyak sayur. Aduklah hingga tercampur betul. Setelah itu gunakan buat keramas. Setelah keramas, lalu bilaslah dengan air hangat yang sudah diberi perasan jeruk nipis. Maka perubahan pada rambut anda akan langsung terlihat.

15. CARA MELEMBABKAN KULIT YANG KERING

Buah alpukat dan buah mangga dapat memberi vitamin pada kulit muka yang sensitive dan kering sifatnya. Buah alpukat dilumatkan menjadi bubur dan bubur ini dilekatkan tipis-tipis pada kulit wajah, ini sangat baik untuk membantu mereka yang memiliki kulit kering supaya kulitnya jadi lembab dan normal.Setelah bubur alpukat itu kering cuci dengan air hangat, baru kemudian gunakan sepotong batu es untuk mengoles- oles seluruh permukaan kulit.
Demikian juga cara menggunakan buah mangga, daging buah mangga dibuat bubur lalu dioleskan merata pada kulit wajah.

16. AGAR TIDAK BOTAK

Untuk menghindari rontoknya rambut yang berakibat kebotakan, caranya begini:
Ambillah minyak wijen ½ cangkir, minyak kelapa ½ cangkir, daun waru 3 lembar, daun orang- aring 3 lembar, daun mangkokan 3 lembar, daun pandan 1 lembar, biji kemiri 2 butir, bunga melati 7 kuntum dan bunga mawar 1 kuntum.

Rebuslah air didalam panci 2 liter, masukkan panci kecil yang berisi minyak kelapa dan minyak wijen. Daun- daunan dan kemiri dirajang halus dan masukkan ke dalam minyak mendidih selama 15 menit, diangkat dan disaring. Oleskan cemceman ini setiap sebelum tidur pada seluruh permukaan kulit kepala yang rontok dan botak sambil dipijat- pijat seperlunya selama 10 menit. Begitu bangun pada pagi harinya, kepala dibasahi dengan lender debok pisang yang sudah diembunkan. Ini perawatandari luar, untuk perawatan dari dalam ikutilah ramuan di bawah ini.
Ambil kikil sapi 30 gram (sepotong kecil), 2 buah kembang polo, 2 buah kembang sugading, 3 buah pupus daun beluntas dan sedikit adas pulosari.
Kebotakan pada kepala dan membuat rambut lebat dan hitam bisa diatasi dengan ramuan tersebut.

17. MENGOBATI SAKIT RHEUMATIK

Bahan:
Gandapura 225 cc
3 butir bawang putih
3 butir pala
10 buah cengkeh
15- 20 butir merica hitam
½ sendok teh jinten hitam
2 jari tangan jahe

Semua bahan itu tumbuklah sampai halus benar, kecuali gandapura. Setelah menumbuk halus, masukkan semua hasil tumbukan pada ramuan itu ke dalam gandapura.
Aduk sampai rata benar dan setiap malam gunakanlah minyak gandapura tadi untuk memboreh dan menggosok sekujur tubuh. Boleh juga dipakai pagi hari atau siang hari jika rheumatic itu cukup berat, hanya minyak gandapura itulah yang tak memungkinkan orang yang memakai berkeliaran ditempat ramai dan lebih bijak bila diam dirumah.



-SEMOGA BERMANFAAT-
Post a Comment