Saturday, December 16, 2017

Naskah RolePlay Pada Pasien Dengan Gangguan Perilaku Kognitif

                                                     ROLEPLAY PERILAKU KOGNITIF

PERAN
Ahmad Rijal  : Perawat 2
Cep Lubis      : Anak Pasien
Elia Sugianti  : Istri Pasien
Fetty Fetia      : Perawat 1
Lenia Putri     : Ibu Pasien
M. Trias G     : Dokter
Risris Ristania: Narator
Sukaryat        : Pasien


Suatu hari di RS Jiwa Harapan Bangsa terdapat pasien E yang mengalami gangguan kognitif tepatnya demensia. Pasien di masukan ke rumah sakit jiwa karena keluarga merasa tidak mampuh untuk menangani pasien C tsb.
Pagi itu udara RS terasa sangat sejuk, tiba2 di ruang Merah terdengar suara teriakan pasien C, mendengar suara tsb lantas membuat perawat 1 yg bertugas pagi itu kaget, kemudian segera masuk ke kamar dimana pasien C dirawat untuk memastikan kondisi pasien.

Perawat 1 :  Asslamualaikum ada apa ini   ?
Istri pasien : walaikumsalam ibu suster , itu bu si bapak ngamuk ngamuk
Perawat 1 : oh iya bu, sebelum nya kenapa dengan bapak  sampe ngamuk ngampuk seperti itu?
Istri pasien : ibu ga tau dia tiba tiba seperti itu sus setelah melihat si ade sus
Perawat 1: Si ade itu siapa bu ?
Istri pasien : ade adalah anak kami sus ( ibu sedikit seedih dan keluar air mata )
Perawat 1 : emang kenapa dengan si ade bu , apakah yang terjadi bu sampe membuat si bapak ngamuk ngamuk ?
Ibu pasien ; ini sus saya sedih menceritakan nya ,, anak saya jadi seperti ini gara gara memikirkan si ade , dia sangat nakal sus padahal dia anak satu satu nya (sedih dan menangis)
(Anak pasien terlihat menanis tersedu sedu ),
Anak pasien : ibu .. ibu maafkan aku ibu membuat bapak seperti ini (sedih)
Anak pasien : bapak maafkan ade ya pak ,, ade janji ga bakal membuat bapak kesal , asalkan bapak sembuh yah pak ..ade mohon pak (sambil menanis)
Perawat 1: sudah de jangan menangis lagi yah ,,ibu sama ade yang sabar yah .
Anak pasien: iya sus ,,tolong sembuhkan bapak saya (sambil menangis)
Perawat 1 ; iya ade ,sudah jangan menangis
Istri pasien ; iya sus , tolong tenangkan si bapak ..
(Perawat pun bertannya kepada pasien)
Perawat 1 : aslamualikum bapak , kenapa bapak ngamuk ngamuk apakah bapak kesal ?
 Pasien : (terdiam dan terlihat murung)
Perawat 1 : bapak tenang yaah, jangan banyak pikiraann..
Pasien : (masih terdiam dan menghiraukan tetapi pasien sudah terlihat sedikit tenang)
Perawat 1 : oh yaudah kalau bapak sudah tenang, sekarang saya tinggal lagi ya pak.
Perawat 1 : Ibu nanti kalo si bapak ngamuk ngamuk lagi panggil saja perawat yah bu , dan satu lagi nanti akan ada pergantian shift , saya akan di gantikan oleh teman saya bagimana ibu mengerti ,
Istri pasien : Iya bu suster saya mengerti makasih bu .
Perawat 1: kalo gitu saya tinggal asalamualikum
Perawat 1 pun kembali ke ruangan perawat. kmd tiba saatnya perawat 1 tukar shift dengan perawat 2. Tidak lama setelah kejadian tersebut, datang perawat 2 dengan rambut yang sedikit kusut akibat helm yang di pakainya.
Perawat 2 : pagi sus..
Perawat 1 : pagi jga kang.. operannya mau mulai sekarang aja ?
Perawat 2 : oke sekarang aja.. (sembari duduk di kursi dekat perawat 1)
Perawat 1 : oke kang, pasien yang mengalami demensia tadi teriak2, tetapi sudah saya tenangkan, mungkin tadi agak sedikit stress..
Perawat 2 : oh iya, terus sekarang yg harus saya lakukan pda pasien tinggal apa ?
Perawat 1: akang pasang aja papan nama yang berisiskan nama pasiennya yah, terus gantungin aja di atas pintu’nya..
Perawat 2 : oh iya siap kang.
Operan pun selesai, kini tiba saatnya perawat 2 melakukan perawatan pada pasien E.
Perawat 2 : assalaulaikum bapak.. gimna perasaan bpk saat ini ? perkenalkan kembali pak, nama saya... saya perawat yang  hari kemarin membantu bapak mandi.. apakah bapak ingat ?
Pasien : tidak..
Perawat 2 : oh iya kalau begitu tidak apa2 pak.. perkenalkan kembali nama saya... bagaimana perasaan bapak hari ini pak ?
Pasien : bosen..
Perawat : oh iya pak ini kalau gitu nanti kita main bareng yahh, sekarang saya akan pasang nama bapak yaah di atas pintu.. dan juga saya akan pasang jam dan juga kalender untuk memudahkan bapak melihat waktu ya pak.. apakah bapak mengijinkan ?
Pasien : sok aja pasang dimana saja..
Kemudian perawat 2 pun memmasang papan nama diatas pintu, dan menempelkan kalender dan jam di dinding kamar tepat di depan kasur pasien.
Perawat 2 : oh iya pak sudah saya pasang yaah.. sekarang apabila bapak menyimpan barang bapak, bapak taruh barangnya di dalam kamar yah.. supaya nanti mudah menemukannya kalau bapak lagi  mencarinya.
Pasien : iyaa..
Perawat 2 : oh iya pak, hari ini kita main catur yuk.. bapak mau gak main catur sama saya ?
Pasien : lupa, saya gak bisa main catur..
Perawat 2 : yaudah gpp nanti saya ajarkan.. gimana pak mau gak ?
Pasien : yaudah saya mau..
Perawat 2 : iya.. kalau bapak mau saya ambil dulu ya caturnya.. sebentar ya pak..
Perawat 2 pun kembali ke ruangan perawat un tuk mengambil caturnya. Tidak lama perawat 2 pun kembali lagi ke ruangan pasien e.
Perawat2 : nah bapak ini caturnya sudah ada.. mau dimana kita mainnya ?
Pasien : ditaman saja
Kemudian perawat 2 dan pasien pun segera pergi ke taman. Dan di taman mereka pun bermain catur bersama, dan perawat 2 pun sedikit demi sedikit mengajari pasien cara  bermain catur yang benar.
Perawat 2 : wah hebat yah bapak.. baru sebentar saya ajarkan sudah bisa..
Pasien : (ketawa dan hanya asik mindah2in catur)
Perwat 2 : sudah lama pak kita bermain, yuk kita ke kamar lagi..
Pasien : hayu, saya juga sudah mulai bosen.
Perawt 2 dan pasien pun kembali lagi ke ruangan pasien e.
Perawat 2 : bagaimana pak main caturnya ?
Pasien : rame.. hahaha.. (ketawa bahagia)
Perawt 2 :  yasudah kita main lagi besok yaahh.. sekarang saya akan pasang jadwal untuk kegiatan bapak yah.. mau di pasang dimana pak ?
Pasien : pasang saja dekat kalender.
Kemudian perawat 2 pun segera memasang jadwalnya tidak jauh dengan kalender.
Perawta 2 : baik pak.. mainnya hari ini sudah yaah.. sekarang saya mau kembali lagi ke ruangan.. nanti saya kesini lgi untuk melihat kondisi bapak ya pak..
Pasien : iyaa.. besok main lgi..
Perawat 2 : oh iya bapak siap.. (melempar senyum ke arah pasien) Asslamualaikum..
 Kemudian dokter pun tiba , untuk menanyakan kondisi  pasien  E.
Di ruanan perawat
Dokter: asalamualikum  sus
Perawat 2: walaikumsalam dok
Dokter: begini sus, gimana keadaan pasien bapak c sekarang , apakah kejiwaan nya sudah membaik?
Perawat 2 : begini dok , kalo di bagian shift saya , pasien e terlihat baik baik saja dengan kejiwaan nya , apalagi dia tadi di ajak maen catur sangat senang dok , tetapi dalam shift rekan saya ,  dia sedikit tidak tenang ,mungkin dia sedikit nkesal dok
Dokter : oh begitu yah sus , bagus kalau begitu ,
Perwat2: iya dok
Dokter: baik kalau begitu saya mau ke ruanan yang lain sus . permisi sus
Perawat2: baik dok
Dokter: eh dan satu lagi sus , jika ada apa apa yang tidak biasa di tangani  oleh suster tolong panggil saya, baik saya pamit asalamualaikum.
Perawat 2: Iya dok walaikum salam
                                                                                                                                         
THE END
Post a Comment